Copyright © 2015 Nasrullah. Powered by Blogger.

Mercon Spiritus, Permainan bocah menjelang Ramadhan

Kalau mendengar kata Ramadhan pasti tidak heran juga dengan kata mercon, petasan atau permainan anak-anak yang berbunyi cukup keras. Menurut mereka semakin keras bunyinya semakin asyik. Banyak permainan mercon ini dan bentuknya pun aneh-aneh seperti mercon api yang pakai karbit (banyak dipasar), ada yang pakai bambu (zaman dulu banget), ada yang pakai busi sepeda motor (gak tau siapa penemunya), dan terakhir yang akan saya jelaskan yaitu mercon spiritus. 

mercon spiritus (model : gak tau anak siapa yang pasti bukan saya
Kenapa dinamakan mercon spiritus ? karena terdiri dari kata mercon yang berarti menghasilkan bunyi keras dab kata spiritus karena bahan bakarnya dari spiritus yang berwarna ungu yang biasa ada di lab IPA. Permainan ini juga menjadi semakin populer karena bentuk merconnya yang menyerupai RPG atau Bazooka (kata anak-anak sih padahal gak terlalu mirip) dan juga menghasilkan bunyi yang sangat keras dari permainan mercon lainnya. Kuping saya sampai seperti kesumbat setelah mendengar bunyinya dan salah-salah bisa kaget sendiri karena gak nyangka kalau suaranya bakal sekeras itu.


ada pemantiknya kan

botol spray dan pemantik





Alat-alat yang diperlukan adalah spiritus yang dibuat di dalam botol bekas yang tutupnya ada spray. Biasanya bekas botol parfum. Selain itu ada juga bekas pemantikan korek yang ada listriknya itu. Menggunakan botol besar bekas atau baru terserah tetapi dipenggal dan di ambil bagian atas nya. Dan benda yang paling penting karena yang menghasilkan suara yaitu kaleng yang di bolongi yang digunakan semakin penyaring
.
kaleng sebagai penyaring
Cara menggunakannya yaitu : 
  1. buka dulu tutup botol yang ada pemantiknya
  2. Selanjutnya semprot spiritus ke dalam botol tersebut, semakin banyak menyemprotkan maka semakin keras pula suaranya
  3. Lalu tutup segera botol dengan tutupnya tadi agar spiritus tidak menguap dan hilang terbawa udara.
  4. Sudah tinggal pencet aja pemantiknya dan duaaaaaarrrrrrrrrr.
Sebenarnya saya hanya pernah bermain ini sebentar jadi bukan bermaksud untuk mengajak permainan ini. Permainan ini tergolong berbahaya karena sudah banyak kejadian-kejadian yang tak di inginkan. Jadi sebaiknya hati-hati aja kalau mau bermain ini. Dan memainkannya jangan dimalam hari entar di tangkap setan lho dan setannya itu adalah tetangga kalian yang marah karena gak bisa tidur dengar suaranya. Tetapi pendapat orang berbeda mengenai permainan ini. Pendapat kalian gimana ?

Saya masih bingun permainan ini hanya ada di daerah saya saja yaitu di Kalimantan selatan atau di daerah lain juga memainkannya. Saya salut dengan penemunya yang bisa memikirkan alat tersebut jadi bisa berbunyi.

Nih pas nulis postingan ini suara mercon ini terdengar dimana-mana, makanya dapat ide deh nulis ini yaudah deh ini dulu dari saya.
Comments
0 Comments

0 Comments:

Post a Comment

Tulislah Beberapa Patah Komentar Kalian :)