Copyright © 2015 Nasrullah. Powered by Blogger.

Keuntungan dan Kerugian Saat Musim Hujan



Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti saljubatu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi ... (Selanjutnya bisa baca di Wikipedia).

Udah lama banget nih aku gak posting di blog ini (biasa sibuk sekolah). Kali ini aku akan bahas keuntungan & kerugian di saat musim hujan.

Sebagian orang ada yang sangat meharapkan kehadiran hujan dan disisi lain juga ada yang kurang suka bahkan tidak ingin akan datangnya hujan. Pada tulisan ini, akan dibahas beberapa alasan mengapa orang suka musim hujan dan aja juga yang tidak suka musim hujan. Pasti ada keuntungan dan kerugiannya.

Musim hujan memberikan keuntungan kebeberapa pihak, salah satunya petani. Petani sangat menyukai musim hujan karena hujan dapat mengairi sawah, kebun dan tanaman mereka. Hujan juga memberikan keuntungan di bisnis tertentu yaitu ; penjual jas hujan, penjual payung, ojek payung dan rumah makan yang menyediakan sup (sup enak dimakan di saat hujan :D). Selain itu hujan juga memberi keuntungan bagi siswa sekolah karena ada alasan untuk tidak bersekolah :D (jangan ditiru).

Disisi lain hujan memberikan kerugian baik kerugian yang kecil maupun besar. Kerugian besar akibat dari hujan yaitu banjir (seperti di Bandung dan Jakarta), tanah longsor (baru aja kemarin di Banjarnegara :(.  ). Kerugian lainnya yaitu kendala bagi orang yang bepergian karena ada alat transportasi tertentu yang kurang direkomendasikan bila dipakai saat hujan seperti pesawat, motor, sepeda, jalan kaki, naik kuda, kapal laut, dll. Penjual es krim, es kelapa muda dan jualan es lainnya juga kurang laku karena lebih laku sup atau yang hangat - hangat.

Dilihat dari penjelasan di atas hujan memberikan beberapa keuntungan walaupun juga ada kerugiannya. Tapi kita harus bersyukur kala ada hujan karena hujan adalah rahmat dari Allah swt. Walaupun hujan mengganggu aktivitas kita tetapi kita jangan marah-marah sendiri.

7 Comments:

  1. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya :) ... Mampir aja terus ga apa-apa kok :)

      Delete
  2. Tetep bersyukur. Bener banget. :)

    ReplyDelete
  3. Aku juga pernah bahas ini setahun lalu mas. Hujan : Berkah vs musibah ya, hehehe.
    Btw..Blognya tampilan baru ya.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, hujan memang pantas dibahas ...
      Iya nih tampilan baru :D

      Delete
  4. ada untung ada rugi begitu juga dengan hujan ya :)

    ReplyDelete

Tulislah Beberapa Patah Komentar Kalian :)