Copyright © 2015 Nasrullah. Powered by Blogger.

Jangan Melanggar Sumpah Pemuda

Ini Postingan Spesial Hari Soempah Pemoeda dari 28 Oktober 1928 - 28 Oktober 2014 yang berati ini ke 86 (Hitung aja kalau gak percaya, nilai matematika saya gak jelek amat)

Hari ini, tanggal 28 Oktober 2014 yang semua pasti tahu bahwa hari ini hari "SELASA" eh maksud saya "Hari Soempah Pemoeda" (Pakai Ejaan Lama). Mengingat bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 (sudah 86 tahun, lama banget ya udah), pemuda dan pemudi Indonesia dengan semangat nasionalisme dan patriotisme nya menyatakan tiga sumpah yakni :

- Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

- Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

- Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.*


*Jangan mengaku pemuda (i) Indonesia kalau ini gak hapal

Sumpah di atas wajib banget dihapal, malu kalau gak hapal ya.

Dilihat dari judul postingan ini "Jangan Melanggari Sumpah Pemuda". Artinya apa ?? Artinya saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya para pemuda untuk tidak melanggar sumpah tersebut. Namanya juga sumpah kita sendiri (walau bukan kita yang bikin) ya pasti jangan dilanggar. Apakah sekarang ada yang melanggar ?? Kayaknya sih ada. Disini saya akan menjelaskan pelanggaran - pelanggaran terhadap sumpah pemuda yang sering terjadi.

1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Sumpah yang pertama terlebih dahulu. Inti dari sumpah yag pertama ini kita mengaku bahwa tanah air ini, negara ini, nusantara ini adalah milik kita bersama. Jangan berpikir bahwa negara dan segala isinya ini milik dia sendiri. Contohnya Korupsi, karena korupsi itu berpikir bahwa uang yang dia curi itu milik dia sendiri padahal itu milik rakyat indonesia (mungkin rasa memilikinya tinggi banget). Contoh lainnya yaitu separatis (ingin keluar dari Indonesia dan membuat negara baru). Contoh ini sangat jelas menyimpang dari sumpah yang pertama. Dia mikir bahwa daerahnya tersebut adalah milik dia padahal itu milik kita bersama walaupun kita bukan warga daerah sana.

Uangnya dikasih racun tikus aja
2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Selanjutnya yaitu sumpah yang kedua. Inti dari sumpah kedua ini adalah walaupun kita berbeda suku, berbeda agama, berbeda golongan atau mungkin juga berbeda ras tetapi kita ini satu bangsa atau sama bangsa (seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika, Berbeda-beda tetapi tetap satu jua). Pelanggaran yang sering terjadi yaitu pemberontakan antar suku, antar agama, antar golongan, bentrok supporter (baru saja terjadi) dll. Padahal mereka tidak mikir kalau mereka itu satu bangsa. Kalau dikalangan pelajar yaitu perkelahian siswa antar sekolah atau biasa disebut Tawuran. Mereka juga tidak mikir kalau mereka itu sesama Pelajar Indonesia dan sesama Pemuda Indonesia. Jadi masalah seperti tadi jangan sampai terjadi karena itu sangat melanggar sumpah pemuda pada poin kedua. Hargailah perbedaan pendapat dan saling toleransi.

Membantu pemerintah mengurangi orang bodoh di Indonesia


3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Terakhir yaitu sumpah yang ketiga. Inti ini sangat jelas yaitu kita memiliki bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Karena disetiap suku dan daerah memiliki bahasa yang beragam sehingga perlu ada bahasa persatuan untuk dapat saling berkomunikasi. Pelanggaran terhadap poin ketiga ini sebenarnya marak terjadi dikalangan anak pemuda khususnya anak alay, cabe - cabe an, bencong dan sejenisnya. Kita sudah memiliki bahasa persatuan yang sudah dibuat dengan sangat baik tetapi malah diplesetkan ke bahasa alien kalian itu. Contoh :

Bahasa planet mana ??

Itulah beberapa bentuk pelanggaran terhadap sumpah pemuda. Mari kita sebagai pemuda, sebagai pengisi kemerdekaan dan sebagai generasi masa depan kita laksanakan dengan sungguh-sungguh sumpah pemuda. Kita hargai semangat pemuda - pemudi dulu. Jangan sampai kita kalah dengan mereka. Mereka banyak yang tidak sekolah, masa kalah sama kita yang sekolah. Mereka dulu masih zaman penjajahan Belanda, masa kalah sama kita yang sudah merdeka 69 tahun 2 bulan 11 hari.

Semoga tulisan saya ini dapat membangkitkan semangat kita dan juga semoga bermanfaat. Oh iya saya ingat tweet dari teman saya "SUMPAH PEMUDA !! Sumpah.. saya pemuda Indonesia". Keren banget tweetnya.

"SAYA BANGGA JADI PEMUDA INDONESIA" (kalau ini saya, kalau kamu ??)

Terima kasih.

Comments
0 Comments

0 Comments:

Post a Comment

Tulislah Beberapa Patah Komentar Kalian :)