Copyright © 2015 Nasrullah. Powered by Blogger.

Boku Dake ga Inai Machi (Review)



Judul :
Boku dake ga inai machi (Hanya aku yang hilang di kota ini)

Nama lain :
Erased (Terhapus)

Tanggal Rilis :
8 Januari 2016 (Winter)

Studio :
A-1 Pictures

Skor : 8.79 (MyAnimeList)

Genres :
Mystery, Psychological, Seinen, Supernatural

Sinopsis :
Penulis manga Satoru Fujinuma berjuang melawan rasa takut dalam mengekspresikan dirinya. Namun, ia memiliki kemampuan supranatural dan dipaksa untuk mencegah kematian dan bencana dengan cara dikirim kembali dalam waktu sebelum insiden itu terjadi, ia kembali berulang kali sampai suatu kecelakaan bisa dicegah. Suatu hari, ia terlibat dalam sebuah kecelakaan yang membuatnya dijebak dan menjadi seorang pembunuh. Karena begitu putus asa menyelamatkan korban, ia mengirimkan dirinya kembali masa lalu sampai ia menyadari dirinya kembali menjadi anak SD, dan berada pada satu bulan sebelum teman sekelasnya yaitu Kayo Hinazuki menghilang. Satoru sekarang menjalankan misi baru untuk menyelamatkan Kayo dan memecahkan misteri di balik kepergiannya.

Review :

GAMBARAN UMUM

Sebenarnya, hampir semua pencinta anime tahu mengenai anime ini yaitu "Boku dake ga inai machi" yang bisa dikatakan anime terbaik Winter 2016 dan digadang-gadang bisa menjadi anime terbaik tahun 2016 ini. Anime ini diadaptasi dari manga karya Kei Sanbe yang diserialisasikan di majalah Young Ace pada tahun 2012. Kemudian diadaptasi oleh A-1 Pictures yang dirilis pada tanggal 8 Januari 2016.

Anime ini memiliki judul yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya "Hanya aku yang hilang di kota ini". Setelah melihat anime tersebut pasti akan mengerti mengapa judulnya seperti itu. Nama lain anime ini yaitu Erased yang saya sendiri tidak tahu mengapa judulnya menjadi seperti itu, mungkin biar orang luar Jepang lebih mudah menyebut dan mengingatnya.


Berikut trailer-nya :




ALUR CERITA

Alur ceritanya sangat menarik untuk awal tahun 2016 ini dimana sang pemeran utama yaitu Fujinuma Satoru memiliki kekuatan untuk kembali ke beberapa menit yang lalu secara paksa (bukan kehendak dia) yang disebut Revival (Pengulangan). Pengulangan ini biasa mengulang ke lima menit sebelumnya yang mana jika terjadi pengulangan pasti ada sesuatu yang salah atau bencana yang harus Satoru cegah. Sebagai contoh di awal episode pertama, Satoru mengalami pengulangan dan harus menyelamatkan seorang anak kecil yang akan tertabrak oleh truk. Cerita pun semakin menarik di saat Satoru teringat kasus pembunuhan berantai pada saat dia masih SD dan masih belum terpecahkan sampai sekarang. Fujinuma Sachiko, Ibu Satoru tertarik untuk menyelidiki kasus tersebut. Intinya, masalah cerita sudah masuk di episode pertama. Ending anime ini pun menurut saya pun cukup bagus dan jelas walaupun ada beberapa penggemar anime ini khususnya pembaca manga yang sedikit kecewa dengan endingnya dikarenakan ada sedikit perbedaan antara ending di manga dan animenya yang mana kata mereka ending di manga lebih bagus.


GENRE

Selanjutnya, mengenai genre animenya. Genre anime ini yaitu misteri, psikologikal, seinen, dan supernatural.

  • Misteri : Anime ini memang dipenuhi dengan misteri yang membuat penonton selalu penasaran di setiap episodenya dan tidak jarang setiap akhir episodenya itu cliffhanger (menggantung) sehingga tidak sabar untuk menunggu episode selanjutnya.
  • Psikologikal : Anime ini terjadi pertarungan mental (pisikis) dan pikiran (logika) pemeran utama dalam menyelesaikan kasus itu sehingga penonton juga terasa ikut memikirkan dan merasakan apa yang terjadi di anime ini.
  • Seinen : Anime ini ditargetkan pada penonton dewasa.
  • Supernatural : Anime terdapat sesuatu yang diluar logika dan ilmiah yaitu pemeran utama yang bisa melakukan pengulangan waktu.

ANIMASI DAN DESAIN KARAKTER

Menurut saya animasi dan desain karakter anime ini tergolong biasa saja (seperti pada umumnya saja), mungkin karena anime ini lebih menekankan segi pengembangan cerita dan karakternya.


MUSIK DAN SOUND EFFECT

Lagu opening anime ini adalah "Re:Re" oleh Asian Kung-Fu Generation dan lagu endingnya adalah "Sore wa Chiisa na Hikari no Yō na" oleh Sayuri. Menurut saya, lagu opening dan ending sangat bagus, cocok untuk dijadikan koleksi musik dan openingnya pun sangat menggambarkan keseluruhan seri anime itu. Menariknya, opening anime ini walaupun pada intinya sama tetapi ada sedikit perubahan sesuai dengan perkembangan ceritanya. Perubahan opening terjadi di episode 11 yang mana di opening itu pemeran utama, Satoru, dihilangkan. Jadi setiap opening yang awalnya ada karakter Satoru dihilangkan. Selanjutnya perubahan terjadi di episode terakhir yaitu episode 12 yang mana karakter Satoru dikembalikan lagi dan ada bagian-bagian opening yang dulunya seperti dirahasiakan atau ditutupi, pada opening episode 12 sudah ditampakan atau diperjelas.

Untuk efek suara, mungkin ada di beberapa bagian anime ini yang membuat penonton semakin penasaran dan menegangkan.


ANIME TERKAIT

Anime ini mirip dengan Steins;gate dan Re:Zero dari segi konsep cerita walau masalah ceritanya tak serumit di anime Steins;gate dan Re:Zero. Hal mirip yaitu kesamaan bisa mengulang waktu ke masa lalu untuk menyelamatkan atau mencegah suatu kejadian yang tidak diinginkan

PENUTUP

Pada intinya, saya sangat merekomedasikan anime ini terutama untuk kalian yang suka anime misteri karena misteri anime ini sangat terasa. Pokoknya tonton saja episode pertama pasti akan keterusan. Score anime ini pun sempat di atas angka 9 dan masuk sepuluh besar anime terbaik sepanjang masa walau sekarang turun yang kemungkinan dikarenakan endingnya. Tapi bagi kalian dan juga saya yang bukan pembaca manga tentu tidak masalah dengan endingnya.

Cukup sekian, review dari saya. Review ini murni berdasarkan pendapat dan pengetahuan saya sehingga sangat mungkin ada perbedaan pendapat antara saya dan orang lain. Terima kasih.
Comments
0 Comments

0 Comments:

Post a Comment

Tulislah Beberapa Patah Komentar Kalian :)